468x60 Ads

Tips dan Trik USM STAN Tahap II& III TES KESEHATAN & KEBUGARAN DAN TES ASSESSMENT



                                                

Assalamuaalaikum wr.wb.
Apa kabar adik – adik generasi penerus bangsa?Generasi yang siap mengabdi kepada Bangsa dan Negara ini.Oy, sebelumnya saya ucapkan SELAMAT buat adik – adik yang lolos USM STAN Tahap I, yang terkenal menakutkan, mengerikan, dan membuat grogi sehingga sangat sulit untuk lolos.Hehehe,..alay dikit.
Dan bagi adik – adik yang belum lolos USM STAN Tahap I, yang sabar ya.Percayalah, Allah telah memberikan jalan yang terbaik buat hamba – hambaNya. Masih ada USM STAN Tahun depan,.Atau mau mengadu nasib di FK UI, Pertambangan ITB, FK UGM, T. Informatika ITS, atau FE UNIBRAW.Hehehehehe,..barangkali takdirnya disitu kan ya keren bgtz,…
Sampek lupa,.Perkenalkan saya Rizka Restu Fawzy (Restu) D1 Pajak STAN Jakarta 2011.Saya ingin berbagi pengalaman dalam menghadapi USM STAN Tahap II dan III. Yang kebetulan tahun 2013 sama persis dengan tahun 2011. Denger – denger nih ya,.Tahun ini yang lolos Tahap I ada sekitar 8.000 peserta. Wih,… banyak juga ya,. Tapi yang diterima katanya, masih katanya lo ya,.Sekitar 5000 Peserta.Jadi untuk Tes Tahap II dan III aka nada eliminasi peserta sekitar 3.000 peserta.Wah,..banyak juga yang dieliminasi. Deg-deg an, deg-deg an ya,..hehehe,..
Tenang,.Saya berusaha mencurahkan pengalaman saya pada waktu ikut tes tahap II dan III.insyaAllah bisa membantu adik2.
Greng, greeng,……..

Untuk Tes Tahap II dan III, yaitu Tes Kesehatan & Kebugaran, dan Tes Assessment (wawancara)

Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes Kesehatan dan Kebugaran hanya dilaksanakan 1 (satu) hari sesuai jadwal tes yang ditentukan oleh Panitia.Jadi, ingat tuh jadwal baik2 jgn sampek salah jadwal ya..!klu udah salah jadwal, siap2 aja nama kalian tidak tercantum di daftar pengumuman penerimaan nanti. Makanya jangan main2..serius nggih.! Sips,..lanjut..
Nah, kebetulan saya dulu tesnya di BDK malang. InsyaAllah yang saya tuliskan ini menggabarkan secara persis waktu saya tes dulu.
Jadi,. Tahapannya adalah Tes Kesehatan dulu, nanti adik2 dikasih formulir yang isinya tentang kondisi kesehatan adik2 (kayak form cek up di RS itu lo), kira2 isinya tentang :
-          (di isi oleh adik2 sendiri) Identitas diri, gol. Darah, punya penyakit apa.
-      (akan di isi panitia, karena akan diperiksa satu persatu tentang ini) tinggi dan berat badan, matanya minus apa gak, buta warna apa gak, tekanan darah berapa.
Nah nanti pas di dalam ruangan aka nada pemeriksaan, seperti :
1.       Tinggi dan berat badan, usahakan ideal ya. (rumusnya TB – 110 = BB)
2.       Tekanan darah, nah disini tekanan darah usahakan normal batas TD atas = 120 dan TD bawah = 80, dulu itu temen saya saking groginya TD dia naik sampek 140,. Nah rumusnya dalam tes ini adik2 harus tenang, klu boleh nyanyi2 aja, biar gak grogri trus jd netes2 keringatnya dan akhirnya gak boleh ituk tes kebugaran gara2 dinyatakan kurang sehat oleh dokter. Jadi adik2 yang suante poll ae,. Hehhee
3.       Tes mata, tes melihat dari jarak sekitar 5 Meter disuruh melihat huruf2 yang ukurannya berbeda, nanti dokternya pakek penggaris nunjukin ini huruf apa saja, dan adik2 harus menyebutkannya dengan benar dengan satu mata ditutup. Oy, saran saya nantikan yang di tes kedua mata adik2 ya, nanti itu gantian nutup manatanya kanan dulu atau kiri dulu terserah adik itu dengan tangan adik sendiri nutup matanya. Nah, pas nutup matanya jangan terlalu ditekan ya, jd nutupnya rapat tp jgn sampek nyentuh matanya, takutnya pas giliran mata yg ditutup tadi suruh melihat, gara2 ditutup dgn ditekan mata adik2 akan melihatnya blur.
4.       Tes buta warna, ya,. Secara umumnya tes buta warna yang suruh meliha gambar berwarna2 dan membentuk pola angka. Klu matanya gak buta warna pasti kelihatan angkanya.
5.       Nah, tes kesehatan yang terakhir ni saya yg agak bingung. Ini untuk mengetes apa saya juga kurang tahu, tapi kayaknya tes reflek. Jadi kita disuruh berbaring, nanti betis kita dipukul oleh dokternya dan perut kita di raba2 trus dipencet pas dipencetnya itu saya langsung kaget trus duduk. Hehehe,..apa itu yang namanya reflek ya,. Ya begitulah.
Klu udah selesai semua tahapan tersebut, dokter akan menandatangani formulir kesehatan yang kita bawa tadi, lalu dokter menuliskan “Bahwa Peserta ini dinyatakan sehat dan siap mengikuti tes kebugaran”. Alhamdulillah,..tes kesehatan lolos,..
Tp klu dokter tidak menuliskan seperti itu, atau peserta dinyatakan kurang sehat ya siap2 aja pulang dengan tangan hampa. Jangan ya,..adik2 harus yakin dan semangat.
Sekarang tes kebugaran.Lanjut,…..
Tes Kebugaran, tes ini kita akan di bawa ke lapangan sepak bola. Ada 2 tahapan tes kebugaran.
1.       Tes lari keliling lapangan
Tes ini, kita diminta mengelilingi lapangan yang dibatasi dgn bambu2 yg digunakan untuk mengetahui jarak lari kita.Tes ini yang dihitung adalah berapa kali putaran yang adik2 dapat selam 12 Menit.Nah,. Waktu lari sudah paten yaitu 12 menit,. Standarnya adik2 dpt jarak 2,5 KM selama 12 Menit. Atau 5,5 – 6 kali putaran lapangan sebak bola selama 12 menit. Siapkan aja fisik, WAJIB!!!latihan secara rutin ya(klu bisa pas siang hari)..makan makanan yang bergizi, istirahat yang teratur. Klu saya dulu tidur max.jam 9 bangun jam 4, hbs bangun sholat tahajud dan berdoa. serta stiap pagi minum telur mentah dicampur susu. Kata orang jawa, minuman itu dpt menambah stamina badan. Hehehe,. Tp klu adik2 punya cara2 lain silahkan..
2.       Tes Shuttle Run
Tes ini kita disuruh lari cepat (sprint) membentuk angka 8.Klu shuttle run yang dihitung waktunya selama adik2 lari 3x angka 8. Dlm tes ini akanada 2 (dua) bambu berdiri kira – kira berjarak 3 (tiga) Meter. Nah kita disuruh lari cepat mengelilingi kedua bamboo tersebut 3x (tiga kali) putaran.Standarnya max.waktunya 18 dtk. Jadi harus cepet2 an ya,..oy, klu saya dulu sepatu saya, saya lepas biar ringan untuk tes shuttle run ini.
Dan satu lagi dilarang membuat bambu2 td jatuh gara2 kesenggol, klu jatuh akan di disqualifikasi..mangkanya jgn suka senggol2,.. hehehehe,….


TES ASSESSEMENT (WAWANCARA)

Tes Assessement hanya dilaksanakan 1 (satu) hari sesuai jadwal tes yang ditentukan oleh Panitia.Jadi, ingat tuh jadwal baik2 jgn sampek salah jadwal ya..!klu udah salah jadwal, siap2 aja nama kalian tidak tercantum di daftar pengumuman penerimaan nanti. Makanya jangan main2..serius nggih.! Sips,..lanjut..
Kurang lebih ini gambaran dari Tes Assessement :
1.       Peserta melakukan registrasi kepada Panitia, dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan dan akan diberikan no. urut. (persyaratan diberitahuakan, misalnya: BPU, Pas Photo, Fotokopi KTP)
2.       Pada waktu registrasi Peserta akan diberi formulir Tes Assessement yang harus diisi pada waktu itu juga. Dalam formulir tersebut kurang lebih isinya tentang:
-          Identitas diri
-          Identitas Orang Tua
-          Riwayat Pendidikan
-          Bimbingan Belajar yang Pernah Diikuti
-          Pengalaman Organisasi
-          Prestasi Selama di Sekolah
-          Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki
-          Hobi
-          Cita – Cita
-          Jurusan yang dipilih di STAN
3.       Setelah Formulir diisi secara lengkap, Peserta akan dipanggil Panitia sesuai No. Urut dan diminta menyerahkan formulir tadi ke Panitia.
4.       Peserta memasuki ruangan untuk diwawancarai oleh psikolog.
5.       Proses wawancara berlangsung sekitar 15 Menit dan akan di rekam oleh pewawancara.
6.       Setelah selesai peserta bisa meninggalkan ruangan.

Tips dan Trik menghadapi Tes Assessement:
1.       Datanglah tepat waktu dan berpenampilan menarik (rapi).
2.       Pakaian sebaiknya Baju Putih, Celana Hitam, dan Sepatu Hitam.
3.       Isilah formulir Tes Assessement dengan benar apa adanya tanpa dikurangi dan dilebihkan.
4.       Pada waktu dipanggil untuk wawancara, dan bertemu dengan pewawancara ucapkanlah salam “Selamat Pagi Pak/Bu atau Selamat Siang Pak/Bu”.
5.       Jangan duduk dulu sebelum dipersilahkan duduk oleh pewawancara.
6.       Mulailah diwawancarai, bersikaplah tenang, jangan gugup. Dalam proses wawancara adik – adik akan ditanyai mengenai isi dari semua formulir yang adik – adik isi tadi. Jadi ingat – ingatlah isi dari formulir yang adik – adik isi tadi.
7.       Bicaralah yang jelas (jangan terlalu cepat dan pelan), jangan bertele – tele dan jangan terlalu singkat. Apa adanya saja. INGAT!!! JANGAN BERBOHONG! Psikolog akan tahu jika kita berbohong.
8.       Pandangan jangan melihat ke bawah, atas, samping. Tapi lurus ke depan tataplah mata Pewawancara (jangan terlalu tajam).
9.       Besikaplah agak ramah, dalam berbicara selingi dengan senyum manis.
10.   Setelah selesai Ucapkan terima kasih dan salam.

Sudah beres nih Tes Kesehatan & Kebugaran dan Tes Assessement tinggal nunggu hasilnya.
Ingat!!!!! Bertawakallah setelah berusaha. Adik2 harus berdoa ya,.Karena bagaimanapun, sebuah nasib yang menentukan adalah ALLAH.Maka berdoalah kepada-Nya.
SUKSES BUAT ADIK2,. SEMOGA LOLOS!!!

Supported by :
BMC PROKSIMA JAKARTA
KELUARGA MAHASISWA KEDIRI ( KAMADIRI )

18 komentar :

{ malik rendhi pradana } at: 4 Agustus 2013 21.41 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
{ malik rendhi pradana } at: 4 Agustus 2013 22.13 mengatakan...

kak, kalo buta warna parsial di tes kesehatan dibolehkan lanjut tes kebugaran ga ya ?
itu tes kesehatan itu saja kak, soalnya ada yg bilang alat kelamin,urine,ambien juga dicek.
makasih :)

{ fahri maulana } at: 5 Agustus 2013 15.23 mengatakan...

mau tanya berat bdan itu pengaruh gak ? klu misalnya kita mampu lari 12 menit 6 putaran tapi berat badan tidak ideal gmna ?

{ Rima } at: 5 Agustus 2013 17.42 mengatakan...

Kak, saya udh 4 hri ini latihan ‎​ tp baru dpt 3 puteran 12 menit :'(
Bukannya krna saya males ‎​ kak,tp napas saya ngos ngosan jd gk kuat ‎​ lama . Jd banyak jalannya :'(
Tp saya akan berjuang , krna saya yakin usaha dan doa psti akan berbuah manis :'D
Standar cwe ama cwo sama apa beda ya kak?
Itu krtas yg kita hrus isi sblm wawancara beda beda ya kak pertanyaan nya tiap org? Soalnya ada yg nulis,dia ada pertanyaan ttg prestasi akademik dan non akademik. Trus ada jg yg bilang organisasi yg ditanyain pas kt sma aja, tp ada yg bilang smp sm sma. Yg bnr yg mana ya kak? Maap ya kak klo kepanjangan, mkasih kak sblmnya :)

{ tegar satria } at: 6 Agustus 2013 05.58 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
{ farhan ghifari } at: 8 Agustus 2013 09.54 mengatakan...

terimakasih kakak atas infonya. :))

{ Garnis Muhammad Rustaman } at: 9 Agustus 2013 23.41 mengatakan...

Terimakasih Infonya, Doanya ya Ka supaya dilancarkan. Salam dari Garnis - Cianjur, Jawa Barat

{ muchlis hariadi } at: 10 Agustus 2013 18.48 mengatakan...

kak mau tanya, pas cek reflek itu kan perutny dipencet.. itu bajuny dilepas atau gk dilepas kak?

{ ilham anggitza wakid } at: 14 Agustus 2013 01.59 mengatakan...

kak saya maw tanya waktu test mata,, itu kan saya minus 2 lha kalau ditest mkai kaca mata atau dilepas kak,, krena kan sudah jelas" minus

{ Gesa Chandra } at: 15 Agustus 2013 04.53 mengatakan...

mas, kalo larinya di bawah standar misalnya 12 menit = 4 putaran itu gimana? masih bisa lanjut apa dis?

{ ch@_ch@ } at: 15 Agustus 2013 07.09 mengatakan...

mas setahuku standar untuk shuttle run sekitar 6-10 meter, kalo 3 meter apa tidak terlalu dekat mas?

{ Rizka Restu Fawzy } at: 16 Agustus 2013 10.43 mengatakan...

tes kesehatan pada tahun 2011 cuma itu aja, tidak ada tes urin ataau ambeien, soalnya stan bukan militer.
klu soal kebugaran, lari usahakan 12 menit 2,5 KM bagi yg cowok. dan yg cwek mungkin dibawahnya, tp buat jaga2, mending cari aman dpt 2,5KM atau 6 kali putaran.
nah Ralat untuk shutlerun,itu kurang lebih 5 Meter jarak Bambunya.

{ Rizka Restu Fawzy } at: 16 Agustus 2013 10.44 mengatakan...

bagi yg minus matanya,. waktu tes mata dipakai kacamatanya..

{ Rizka Restu Fawzy } at: 16 Agustus 2013 10.46 mengatakan...

waktu tes wawancara,. formulir isinya sama dgn yg lainnya..
oy,. ada pengalaman organisasi dan prestasi pada jenjang SMP dan SMA

{ Sains and Sports } at: 18 Agustus 2013 01.39 mengatakan...

Kak, paduan suara itu organisasi atau tidak??

{ Elisabeth Novitasari } at: 18 Agustus 2013 19.56 mengatakan...

kak kalau gigi saya dicabut 2.. terus banyak yg bolong.. lebih baik di tambal atau dibiarkan? jarena kata dokternya, bolong di gigi saya masih terlalu kecil dan tak tak perlu ditambal..

{ lukman nul hakim } at: 24 Januari 2014 18.59 mengatakan...

kak kalau waktu sma ikut PMR itu bukan Organisasi kah?

{ Sita Permatasari } at: 19 Mei 2014 00.13 mengatakan...

kak permisi saya mau tanya soal tes kebugaran, saya dapat info kalau yang di tes kan itu THT, ambeien, alat kelamin, varises, refleks, alat gerak, jantung, paru-paru, sama kulit. Itu benar apa nggak ya kak ? soalnya gigiku ada yang berkarang. Terima kasih kak. Tolong dijawab.

Poskan Komentar