468x60 Ads

Tata Cara Pemindahan PKP di KPP Baru


Prosedur operasi ini menguraikan tata cara penyelesaian permohonan pemindahan Pengusaha Kena Pajak yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak baru.

A. Dasar Hukum :
          Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-161/PJ./2001 tanggal 21 Februari 2001 tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha, Tata Cara Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak, serta Pengukuhan dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

B. Pihak yang Terkait :
1. Kepala Seksi Pelayanan
2. Pelaksana Seksi Pelayanan
3. Petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT)
4. Wajib Pajak
5. Kantor Pelayanan Pajak lama

C. Formulir yang Digunakan :
1. Formulir Pendaftaran Wajib Pajak dan Perubahan Data Wajib Pajak
2. Surat Pindah
3. Lembar Pengawasan Arus Dokumen (LPAD)

D. Dokumen yang Dihasilkan :
1. Bukti Penerimaan Surat (BPS)
2. Surat Tugas Pembuktian Alamat Pengusaha Kena Pajak
3. Berita Acara Hasil Pembuktian Alamat
4. Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak
5. Surat Penolakan Pendaftaran Wajib Pajak dan Pelaporan Pengusaha Kena Pajak


E.  Tata Cara Pemindahan PKP di KPP Baru  

Dalam hal Surat Pernyataan Pindah diajukan melalui KPP Lama 
1.7.1.  Wajib  Pajak  mengajukan  berkas  permohonan  pemindahan Wajib  Pajak  dengan 
menggunakan  Formulir  Permohonan  Pendaftaran  dan  Perubahan  Data  Wajib 
Pajak beserta persyaratannya. 
1.7.2.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  Formulir  Pendaftaran  dan 
Perubahan  Data  Wajib  Pajak  kemudian  meneliti  kelengkapan  persyaratannya. 
Dalam  hal  berkas  permohonan  belum  lengkap,  dihimbau  kepada  Wajib  Pajak 
untuk  melengkapinya.  Dalam  hal  berkas  permohonan  sudah  lengkap,  Petugas 
Tempat  Pelayanan  Terpadu  akan mencetak  BPS  dan  LPAD.  BPS  akan  diserahkan 
kepada  Wajib  Pajak  sedangkan  LPAD  akan  digabungkan  dengan  berkas 
permohonan kemudian diteruskan kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.7.3.  Pelaksana Seksi Pelayanan merekam berkas permohonan Wajib Pajak. 
1.7.4.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Tugas  Pembuktian  Alamat 
kemudian menyerahkannya kepada Kepala Seksi Pelayanan. 
1.7.5.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Tugas  Pembuktian  Alamat, 
kemudian menyerahkannya kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.7.6.  Atas dasar Surat Tugas Pembuktian Alamat, Pelaksana Seksi Pelayanan melakukan 
penelitian lapangan kebenaran alamat Wajib Pajak. 
1.7.7.  Berdasarkan  hasil  penelitian  lapangan,  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak 
konsep  Berita  Acara  Hasil  Pembuktian  Alamat.  Dalam  hal  alamat  Wajib  Pajak 
terbukti  benar  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  kemudian  mencetak  konsep  Surat 
Pengukuhan  Pengusaha  Kena  Pajak.  Jika  alamat  Pengusaha  Kena  Pajak  tidak 
benar, Pelaksana Seksi Pelayanan mencetak konsep Surat Penolakan Pendaftaran 
Wajib  Pajak  dan  Pelaporan  Pengusaha  Kena  Pajak.  Surat  Pengukuhan  PKP  atau 
konsep  Surat  Penolakan  Pendaftaran  Wajib  Pajak  dan  Pelaporan  PKP  dicetak 
rangkap dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip  Kantor Pelayanan Pajak 
1.7.8.  Pelaksana Seksi Pelayanan menyampaikan konsep Berita Acara Hasil Pembuktian 
Alamat  dan  konsep  Surat  Pengukuhan  PKP  atau  konsep  Surat  Penolakan 
Pendaftaran Wajib Pajak dan Pelaporan PKP kepada Kepala Seksi Pelayanan. 
1.7.9.  Kepala  Seksi  Pelayanan menandatangani  Berita  Acara  Hasil  Pembuktian  Alamat, 
Surat  Pengukuhan  PKP  atau  Surat  Penolakan  Pendaftaran  Wajib  Pajak  dan 
Pelaporan PKP kemudian menyerahkannya kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.7.10.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.7.11.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mengarsipkan  dan  menyerahkan  dokumen  kepada 
Wajib Pajak melalui  Subbagian Umum  (SOP  Tata Cara Penyampaian Dokumen di 
KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  mengirim  faximili  dokumen  ke  Kantor 
Pelayanan Pajak lama. 
1.7.12.  Proses selesai. 

Dalam hal Surat Pernyataan Pindah diajukan melalui KPP Baru 
1.7.1.  Wajib  Pajak  mengajukan  berkas  permohonan  pemindahan Wajib  Pajak  dengan 
menggunakan  Formulir  Permohonan  Pendaftaran  dan  Perubahan  Data  Wajib 
Pajak beserta persyaratannya. 
1.7.2.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  Formulir  Pendaftaran  dan 
Perubahan  Data  Wajib  Pajak  kemudian  meneliti  kelengkapan  persyaratannya. 
Dalam  hal  berkas  permohonan  belum  lengkap,  dihimbau  kepada  Wajib  Pajak 
untuk  melengkapinya.  Dalam  hal  berkas  permohonan  sudah  lengkap,  Petugas 
Tempat  Pelayanan  Terpadu  akan mencetak  BPS  dan  LPAD.  BPS  akan  diserahkan 
kepada  Wajib  Pajak  sedangkan  LPAD  akan  digabungkan  dengan  berkas 
permohonan kemudian diteruskan kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.7.3.  Pelaksana Seksi Pelayanan merekam berkas permohonan Wajib Pajak. 
1.7.4.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Pemberitahuan  Pernyataan 
Pindah kemudian menyerahkannya kepada Kepala Seksi Pelayanan. 
1.7.5.  Kepala Seksi Pelayanan menandatangani Surat Pemberitahuan Pernyataan Pindah 
kemudian menyerahkannya kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.7.6.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.7.7.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mengarsipkan  dan  menyerahkan  dokumen  kepada 
Wajib Pajak melalui  Subbagian Umum  (SOP  Tata Cara Penyampaian Dokumen di 
KPP). Pelaksana  Seksi Pelayanan  juga mengirimkan  faximili  Surat Pemberitahuan 
Pernyataan Pindah ke Kantor Pelayanan Pajak lama. 
1.7.8.  Proses  selesai.  Faximili  Surat  Pemberitahuan  Pernyataan  Pindah  akan  diproses 
dalam SOP Pemindahan Pengusaha Kena Pajak di KPP Lama. 
1.7.9.  Proses selanjutnya akan dilakukan pada SOP Pemindahan Pengusaha Kena Pajak di 
KPP Lama. 
1.7.10.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dan  merekam  faximili  Surat  Pindah  dari 
Kantor Pelayanan Pajak. 
1.7.11.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Tugas  Pembuktian  Alamat 
kemudian menyerahkannya kepada Kepala Seksi Pelayanan. 
1.7.12.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Tugas  Pembuktian  Alamat, 
kemudian menyerahkannya kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.7.13.  Atas dasar Surat Tugas Pembuktian Alamat, Pelaksana Seksi Pelayanan Surat Tugas 
Pembuktian  Alamat  melakukan  penelitian  lapangan  kebenaran  alamat  Wajib 
Pajak. 
1.7.14.  Berdasarkan  hasil  penelitian  lapangan,  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak 
konsep  Berita  Acara  Hasil  pembuktian  Alamat.  Dalam  hal  alamat  Wajib  Pajak 
terbukti  benar  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  kemudian  mencetak  konsep  Surat 
Pengukuhan PKP.  Jika alamat Pengusaha Kena Pajak  tidak benar, Pelaksana Seksi 
Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Penolakan  Pendaftaran  Wajib  Pajak  dan 
Pelaporan  Pengusaha  Kena  Pajak.  Surat  Pengukuhan  PKP  atau  Surat  Penolakan 
Pendaftaran Wajib Pajak dan Pelaporan PKP dicetak rangkap dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip  Kantor Pelayanan Pajak 
1.7.15.  Pelaksana Seksi Pelayanan menyampaikan konsep Berita Acara Hasil Pembuktian 
Alamat  dan  konsep  Surat  Pengukuhan  Pengusaha  Kena  Pajak  atau  konsep  Surat 
Penolakan  Pendaftaran  Wajib  Pajak  dan  Pelaporan  PKP  kepada  Kepala  Seksi 
Pelayanan. 
1.7.16.  Kepala  Seksi  Pelayanan menandatangani  Berita  Acara  Hasil  Pembuktian  Alamat, 
Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau Surat Penolakan Pendaftaran Wajib 
Pajak  dan  Pelaporan  PKP  kemudian  menyerahkannya  kepada  Pelaksana  Seksi 
Pelayanan. 
1.7.17.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.7.18.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mengarsipkan  dan  menyerahkan  dokumen  kepada 
Wajib Pajak melalui  Subbagian Umum  (SOP  Tata Cara Penyampaian Dokumen di 
KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  mengirim  faximili  dokumen  ke  Kantor 
Pelayanan Pajak lama. 
1.7.19.  Proses selesai. 

Sumber: www.pajak.go.id
SOP DJP

0 komentar :

Posting Komentar