468x60 Ads

Tata Cara Pemindahan Wajib Pajak di KPP Lama


 Prosedur operasi ini menguraikan tata cara penyelesaian permohonan pemindahan Wajib Pajak yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak lama. Pemindahan Wajib Pajak adalah tindakan memindahkan administrasi perpajakan Wajib Pajak dari tata usaha Kantor Pelayanan Pajak lama ke tata usaha Kantor Pelayanan Pajak baru, karena alasan pindah tempat tinggal atau tempat kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha atau perubahan status perusahaan.

A.      Dasar Hukum :
            Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-161/PJ./2001 tanggal 21 Februari 2001 tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha, Tata Cara Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak, serta Pengukuhan dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak

B.      Syarat pindah KPP  
1. Hutang Pajak harus dilunasi dahulu ( cek ke seksi penagihan ).
2. Isi Form Perubahan Data WP 
3. Kartu NPWP Asli harus diserahkan.

Sesudah semua itu dipenuhi paling lambat 1 hari maka berkas kita akan diproses yang akan menghasilan surat pindah domisili.
Selanjutnya Surat Keterangan Domisili masih diminta... karena untuk mengetahui secara pasti WP pindah kemana. terus biasanya dilampiri fotocopy SPT Masa (All taxes) 3 bulan terakhir & Foto Copy KTP Pengurus

C.      Pihak yang Terkait :
1.       Kepala Seksi Pelayanan
2.       Pelaksana Seksi Pelayanan
3.       Petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT)
4.       Wajib Pajak
5.       Kantor Pelayanan Pajak baru

D.       Formulir yang Digunakan :
1.       Formulir Permohonan Pendaftaran dan Perubahan Data Wajib Pajak
2.       Surat Pemberitahuan Pernyataan Pindah
3.       Kartu NPWP (dari KPP baru)
4.       Surat Keterangan Terdaftar (dari KPP baru)
5.       Lembar Pengawasan Arus Dokumen (LPAD)

E.       Dokumen yang Dihasilkan :
1.       Bukti Penerimaan Surat (BPS)
2.       Surat Pindah
3.       Surat Pencabutan Surat Keterangan Terdaftar



F.  Tata Cara Pemindahan Wajib Pajak di KPP Lama  

Dalam hal Surat Pernyataan Pindah diajukan melalui KPP Lama 
1.4.1.  Wajib  Pajak  mengajukan  berkas  permohonan  pemindahan Wajib  Pajak  dengan 
menggunakan  Formulir  Permohonan  Pendaftaran  dan  Perubahan  Data  Wajib 
Pajak beserta persyaratannya melalui Petugas Tempat Pelayanan Terpadu. 
Administrasi Perpajakan   5 
1.4.2.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  Formulir  Pendaftaran  dan 
Perubahan  Data  Wajib  Pajak  kemudian  meneliti  kelengkapan  persyaratannya. 
Dalam hal berkas permohonan belum  lengkap, berkas permohonan dikembalikan 
kepada  Wajib  Pajak  untuk  dilengkapi.  Dalam  hal  berkas  permohonan  sudah 
lengkap, Petugas  Tempat Pelayanan Terpadu  akan mencetak BPS dan  LPAD. BPS 
akan diserahkan  kepada Wajib Pajak  sedangkan  LPAD  akan digabungkan dengan 
berkas permohonan kemudian diteruskan kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.4.3.  Pelaksana Seksi Pelayanan merekam berkas permohonan Wajib Pajak. 
1.4.4.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Pindah  kemudian 
menyerahkannya kepada Kepala Seksi Pelayanan. Surat Pindah ini dicetak rangkap 
dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak   
1.4.5.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Pindah  kemudian  menyerahkan 
kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.4.6.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.4.7.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mengarsipkan  dan  menyerahkan  dokumen  kepada 
Wajib Pajak. 
1.4.8.  Proses  Selesai.  Wajib  Pajak  akan  menyerahkan  Surat  Pindah  beserta 
kelengkapannya ke Kantor Pelayanan Pajak baru. 
1.4.9.  Proses  selanjutnya  akan  dilakukan  pada  SOP  Pemindahan Wajib  Pajak  di  Kantor 
Pelayanan Pajak Baru. 
1.4.10.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan menerima  faximili  SKT  dan  Kartu  NPWP  dari  Kantor 
Pelayanan Pajak baru. 
1.4.11.  Pelaksana Seksi Pelayanan mencetak konsep Surat Pencabutan  Surat Keterangan 
Terdaftar  kemudian  menyerahkannya  kepada  Kepala  Seksi  Pelayanan.  Surat 
Pencabutan Surat Keterangan Terdaftar dicetak dalam rangkap dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak   
1.4.12.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Pencabutan  Surat  Keterangan 
Terdaftar kemudian menyerahkan kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.4.13.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.4.14.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan mengarsipkan  dan menyerahkan  dokumen  yang  akan 
diserahkan ke Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian 
Dokumen  di  KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  akan mengirim  berkas Wajib 
Pajak dan Surat Pencabutan Keterangan Terdaftar ke Kantor Pelayanan Pajak baru 
melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian Dokumen di KPP).  
1.4.15.  Proses selesai. 


Dalam hal Surat Pernyataan Pindah diajukan melalui KPP Baru 
1.1.1.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  faximili  Surat  Pemberitahuan 
Pernyataan  Pindah  dari  Kantor  Pelayanan  Pajak  baru,  merekam  kemudian 
menyerahkan kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.1.2.  Pelaksana Seksi Pelayanan memproses Surat Pemberitahuan Pernyataan Pindah. 
1.1.3.  Pelaksana Seksi Pelayanan mencetak konsep Surat Pindah. Surat Pindah ini dicetak 
rangkap dua kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Pelayanan. 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak 
1.1.4.  Kepala Seksi Pelayanan menandatangani Surat Pindah kemudian menyerahkannya 
kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.1.5.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.1.6.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan mengarsipkan  dan menyerahkan  dokumen  yang  akan 
diserahkan ke Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian 
Dokumen  di  KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  harus mengirim  faximili  Surat 
Pindah ke Kantor Pelayanan Pajak baru. 
1.1.7.  Proses  selesai.  Faximili  Surat  Pindah  ini  akan  diproses  dalam  SOP  Pemindahan 
Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak baru. 
1.1.8.  Proses  selanjutnya  akan  dilakukan  pada  SOP  Pemindahan Wajib  Pajak  di  Kantor 
Pelayanan Pajak Baru. 
1.1.9.  Pelaksana Seksi Pelayanan menerima faximili Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak dan 
Surat Keterangan Terdaftar dari Kantor Pelayanan Pajak baru. 
1.1.10.  Pelaksana Seksi Pelayanan mencetak konsep Surat Pencabutan  Surat Keterangan 
Terdaftar  kemudian  menyerahkannya  kepada  Kepala  Seksi  Pelayanan.  Surat 
Pencabutan Surat Keterangan Terdaftar ini dicetak rangkap dua. 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak 
1.1.11.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Pencabutan  Surat  Keterangan 
Terdaftar kemudian menyerahkannya kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
1.1.12.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
1.1.13.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan mengarsipkan  dan menyerahkan  dokumen  yang  akan 
diserahkan ke Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian 
Dokumen  di  KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  akan mengirim  berkas Wajib 
Pajak dan Surat Pencabutan Keterangan Terdaftar ke Kantor Pelayanan Pajak baru 
melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian Dokumen di KPP).  
1.1.14.  Proses selesai. 




Sumber : www.pajak.go.id
SOP DJP
www.ortx.org

0 komentar :

Posting Komentar